cerita motivasi

cerita motivasi

Jumat, 04 Desember 2015

Persiapan Pernikahan Gereja Katolik Part 2..

Hai2.. Oke sblmnya gw ud bahas dimana pernikahan gereja dibagi jadi 3 point, ini gw ingetin lagi : 1. Menikah dua2nya katolik 2. Menikah salah satunya katolik, dan satunya lagi Kristen 3. Menikah salah satunya katolik, dan satunya lagi agama selain Kristen (Budha/Hindu/Islam) Dan sblmnya gw uda kupas tuntas ttg point 1.. Sekarang gw mau bahas untuk point 2 & 3.. Sebenernya dasarnya yang dilakukan step2nya sama aja dengan point 1 namun ada tambahan kalo posisi kamu di point 2 atau 3.. Sebelumnya gw mau info dulu, apabila kamu dlm kondisi point 2 & 3 tapi mau ke point 1 (artinya salah 1 yg beda agama mau pindah ke katolik supaya nanti kamu nikahnya bisa sama2 uda katolik), hal ini bisa dilakukan. Berikut penjelasannya :



Point 2 artinya salah 1 dari kamu Kristen dan sudah baptis Kristen ya.. Nah perlu diperhatikan dulu nh, apakah Gereja Kristennya termasuk dalam PGI (Persatuan Gereja Kristen Indonesia), bisa kamu browsing di internet, gereja apa aja yang termasuk di dalamnya.. Kalo ga masuk dalam PGI, maka surat baptis kamu dianggap ga sah, jd prosesnya seperti di point 3.
Nah kalo surat baptis kamu sah, alias Gerejanya masuk dalam PGI, maka kamu wajib mengikuti pelajaran untuk jadi katolik, waktunya 3bln. Tapi kalo memang jarak kamu married uda mepet, kdg2 bisa dikasi dispensasi, artinya kamu bljrnya nyusul, atau dipercepat misalnya dari seminggu 1x dibikin double jadi seminggu 2x. Nanti stlh kursus selesai, kamu cuma pembaharuan janji baptis aja di Gereja Katolik, jadi kamu ga dibaptis lagi, hanya seperti prosesi ucapan selamat sebagai keluarga katolik. Dan kdg2 juga bisa dibarengin sama kamu dapet Sakramen Krisma.
Udah deh stlh itu tinggal nunggu surat baptis jadi, then surat itu dilampirkan pada form yang kamu kasih untuk pernikahan (selengkapnya bisa baca di blog sebelumnya, pada point no 6).
Tapi apabila kamu memang mau tetep Kristen, ga masalah di Gereja Katolik nanti ada namanya dispensasi. Dimana untuk wawancara (di blog sebelumnya, pada point no 8), kamu harus bawa 2 saksi kedua2nya harus katolik dan mengenal kamu. Jadi saksi ini nanti ikut ditanya2in sama romonya.
Dan kalo pihak mempelai katolik pengen nikahnya Sakramen, bukan cuma Pemberkatan/Ibadat, hal ini diperbolehkan. Karena kedua2nya sama2 percaya Yesus. Cuma bedanya, nanti yang akan terima komuni hanya yang katolik aja.
Lanjut ke point 3 Nah ini sebenernya yang lebih ribet, dan biasanya memakan waktu agak cukup lama. Sama seperti halnya di point 2, andai kamu yang beda iman mau sama2 katolik nanti waktu menikah, bisa aja tapi proses belajarnya atau istilahnya katekumen waktunya 1 th. Karena banyak banget hal yang harus diajarkan, dari segi Kitab Suci nya aja kan ga sama, maka banyak sekali yang perlu dipelajari. Tapi andaikan kamu mau tetap di agamamu, atau mgkn nanti aja stlh menikah baru jadi katolik, hal ini juga bisa diatasi dengan jalur pernikahan dispensasi. Bedanya sama point 2 tadi, untuk dispensasi ini dibutuhkan surat yang dikirimkan ke Uskup (karena gw ga mengalami point 3, jadi agak kurang detail nh)..
Gw agak kurang paham berapa lama waktu surat itu di –acc sama Uskup, terus stlh itu kalo ga salah ya prosesnya sama seperti point 2, perlu ada saksi 2 orang katolik saat wawancara dengan romo. Okee begitu kira2 rinciannya.. Next gw mau bahas tentang pengurusan Catatan Sipil.. Ini ga begitu banyak dan ribet s.. Catatan Sipil di Gereja Waktu itu s ada orang gereja yang udah biasa ngurusin catatan sipil, jadi gw telp bapak itu. Terus dia kasi tau, syaratnya s gampang : 1. Minta surat dari rt, rw, kelurahan, kecamatan : surat utk menikah 2. Fotocopy KTP 3. Surat pernyataan belum pernah menikah, ttd dng materai (utk formnya uda dibikinin ternyata dari kelurahan) 4. Fotocopy KTP saksi 2 orang 5. Foto gandeng lupa berapa lembar 6. Duit : hahaha ini yang paling penting, kyknya dulu gw bayar 1,5jt
Uda deh semua diserahin ke rmh si bapak, beres deh.. Tinggal hari h aja, begitu kelar pemberkatan nikah, si bpk itu beserta team-nya uda stand by di blkg, uda siap mejanya juga.. Kita tinggal duduk, terus dengerin aja apa yang diomongin, jawab iya2 gitu (dia sebut nama kita bener ga, nikah kpn, dimn, dsb).. Uda deh selesai itu orgnya ketok palu dok dok dok, sah.. Gitu hahaha, terus ttd deh di formnya.. Nah entar bbrp mgu kemudian surat nikahnya udah jadi. Tinggal ambil di rmh si bpk itu.. Beres hehehe..
Begitulah proses menikah yang gw jalanin hehehe.. Panjang banget ya, tapi itu akan dikenang sepanjang masa hahaha.. Emang ribet s ngurus semua sendiri, tapi 1 yang pasti, lo akan mikir berjuta2 x utk menikah lagi,, hahaha 1x aja ud ribettttttttt bangetttttttttt, gimana mau ngulangnya? Wkwkwkwkwk..
Belum ditambah dengan rebut kecil di sana-sini.. Antara gw-suami-kel gw-kel suami-temen2,, hahaha ribet banget dah.. Belum ada yang lupa disana-sini, mendadak harus ada tindakan ini-itu.. Tapi menyenangkan kok  ditambah bisa sedikit lbh kurus waktu hari h, karena ngurusin semuanya sendiri hehehehe.. Happy preparation yaa utk yg mau married, kalo ada yg mau di-discuss bisa share di email : there.susilo@gmail .com  semoga bermanfaat…….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan tanggapan yang positif ya sahabatku