cerita motivasi

cerita motivasi

Selasa, 01 Desember 2015

Apakah pasangan yang kita pilih adalah pasang yang tepat?

Haiii, ini sharing pengalaman aku nh J semoga bermanfaat. Mungkin saat ini, kamu termasuk orang yang bingung, apakah pacar yang kamu miliki sekarang sudah tepat? Dan apakah “dia” adalah tulang rusukku? Apakah “dia” orang yang bisa menjadi partner sepanjang hidupku? So, bagaimana caranya memilih pasangan yang tepat?


Sebelum banyak cerita, gw saat ini uda married hampir 2th, pacaran juga sekitar 2th (1th perkenalan & 1th persiapan menikah). Emang s belum terlalu lama utk ukuran orang menikah, tapi ga ada slhnya juga gw berbagi apa yg gw alami. Menurut gw, pacaran itu ga perlu terlalu lama, idealnya s emang 2th, dimana 1th adalah waktu utk saling mengenal. Karena saat itu umur gw uda 25 dan calon gw (dulu) umur 29, gw rasa sudah cukup umur dan sudah waktunya juga utk pacaran serius. So, kami mengawali pacaran kami dengan diskusi ttg tujuan pacaran ini arahnya mau kmn, lalu apa harapan kita kalau nanti membina rmh tangga, rencana2 masa depan. Yaa kira2 seperti itu, sampai kita di titik “uda sreg nh”.

Nah dari hasil diskusi itu kami berkesimpulan, menemukan pasangan hidup yang tepat itu, seperti menemukan ritme yang seirama. Dan ga setuju juga, kalo kata orang menemukan pasangan yang serasi itu saling melengkapi, mksdnya : yg cewe pemarah, yg cowo sabar.. yang cewe rapi, yang cowo berantakan, yang cewe suka ngatur, yg cowo nerima aja diatur2..

Menurut gw, pasangan itu emang s saling melengkapi, tapi bukan itu yg dimksd. Awalnya, kita hrs menemukan “partner”, jadi bukan sekedar pacar, dimana partner itu artinya bisa saling menolong. Misal, saat urgent butuh melakukan sesuatu, dia bisa helpfull. Terus kita satu sama lain juga mampu mengimbangi hobi/kebiasaan partner kita, tanpa ada beban.  Jadi intinya, dari awal pacaran itu temukan banyak persamaan, bukan perbedaan. Kalau bisa, sebanyak-banyaknya persamaan karena setelah menikah nanti, kita bakal menemukan banyak perbedaan dibalik persamaan yang awalnya kita temukan waktu pacaran hehehe.. Nah kebayang kn, kalo dr awal aja ud banyak perbedaan, bagaimana nextnya stlh menikah? Wowwww….

Sebenernya bisa aja s, kita married dng org yg beda banget sama kita, tapi dibutuhkan “dongkrak” satu sama lain yang besar. Nah skrg tinggal kita aja, maunya gmn? Contoh konkret : suami gw nh hobi banget sama gitar, dia bisa ngerengek2 minta beliin hal2 yg berhubungan sama gitar.. Nah karena gw ga hobi gitar, gw merasa apa yang dia mau beli itu ga penting dan cukup mahal hahaha.. Sedangkan gw, hobinya travelling, gw rela travelling minimalis dengan harga ekonomis.. Gw rela tidurnya di tempat yang ga enak, makan sekedarnya, jalan kaki cukup jauh, naek kendaraan (bis/ka/angkot) yang duduknya bikin badan sakit, yang pentinggggg gw bisa jalan2 hehehe.. Nah 2 hobi kita ini ga sama, so gimana solusinya?


Solusinya berdamai dengan keadaan hehehe.. Untuk gitar, gw acc deh beli tapi dlm jmlh terbatas, dan kira2 masi oke hrgnya. Untuk travelling, solusinya kita jadi hobi check in di hotel hehehe, kn sama2 jln2 tapi deket dan tidurnya empuk. Jadi selama 2th ini, uda bbrp hotel jkt yang kita nginepin hehehe..

Nah pada saat pacaran, ada baiknya kamu ikut kursus/seminar ttg pacaran yang serius.. Itu lumayan membuka wawasan kita s.. Gw waktu tu 2x ikut, yang pertama seminar discovery (bagi yang katolik ini link nya :  https://discoverykaj.wordpress.com/) terus yang kedua kursus perkawinan (kalo ini s emang wajib bagi yang mau married hehehe). Dimana di dalam seminar dan kursus tersebut, kita dengerin tu sharing2 pengalaman hidup rumah tangga dari banyak pasangan. Ada yang baru married sebentar, sampe ada yang uda nene kakek. Berbagai konflik dan masalah yang mereka harus atasi, mulai dari ttg keluarga (mertua, ipar) terus juga ttg mengatur keuangan, sex, mendidik anak, dsb.

Jadi waktu awal2 memasuki pernikahan itu biasanya banyak konflik, soalnya kan baru penyesuaian. Jadi dengan ikut seminar dan kursus, kita ada bekal untuk memasuki awal pernikahan. Meskipun gw sempet konflik juga s sama suami hehehe, tapi ga parah2 amat.

Oke, sampai disini dulu ya sharingnya.. Next disambung lagi.. Rencana s mau sharing ttg persiapan pernikahan hehehe.. Ditunggu aja ya.. Thank you J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan tanggapan yang positif ya sahabatku