cerita motivasi

cerita motivasi

Jumat, 04 Desember 2015

Persiapan Pernikahan Gereja Katolik

Holla jumpa lagi di blog gw.. Sekarang lagi mau bahas ttg pengalaman gw, mengenai Pernikahan di Gereja Katolik. Okey, skrg gw mau jelasin dulu, di Gereja Katolik sepengetahuan gw ada 3 jenis tata cara utk menikah : 1. Menikah dua2nya katolik 2. Menikah salah satunya katolik, dan satunya lagi Kristen 3. Menikah salah satunya katolik, dan satunya lagi agama selain Kristen (Budha/Hindu/Islam) Untuk point 1 nanti namanya jadi Sakramen Perkawinan. Karena dua2nya sama2 sah untuk menerima sakramen, yang artinya juga upacaranya itu dinamakan Misa, inti singkatnya di acara itu kedua mempelai boleh menerima komuni alias tubuh Kristus. Nah utk point 1 ini boleh dibilang step2nya lebih pendek daripada kondisi di point 2 & 3. Hal2 yg perlu dipersiapkan adalah :



1. Yang pasti dateng dulu ke sekretariat gereja, kalo bs s ke sekretariat gereja dimana mempelai wanita berdomisili. Karena memang idealnya pernikahan dilaksanakan di tempat wanita, begitu peraturannya. Tapi kalo mau ditempat manapun boleh, asalkan memang bener2 Gereja /Kapel Katolik. Jadi ga bisa ya kyk manggil romo ke hotel.
2. Disana nanti akan dijelaskan, yg pertama hrs dilakukan adalah booking tgl hahaha, penting bgt itu, jangan sampe kita uda lakukan ini-itu, eh tgl yg kita inginkan uda full book. Lalu yang kedua booking romo hehehe, apalagi kalo kamu ada request mau sama romo siapa. Ajak ketemu dan bicara langsung dng romo tsb.
3. Booking koor, apalagi kalo kamu mau yang wah, harus booking jauh2 hari. Kita juga bisa nego tawar-menawar untuk harga koor. Kalo gw s jujur punya budget brp, terus koor-nya kira2 keberatan ga klo dikasi segitu hehe.. O ya kamu juga bs request lagu2nya sesuai keinginan kamu.
4. Atur kapan dan dimana mau kursus perkawinan. Setiap pernikahan katolik, diwajibkan kedua calon mempelai untuk mengikuti kursus perkawinan. Jadwalnya nanti diinfo sama sekretariat gereja. Ga setiap bulan ada di gereja tsb s, biasanya muter per dekenat. O ya terus juga dikenakan biaya, kalo ga slh s 100rb/org dan berlangsung selama 3hr. Pada hari ketiga nanti kita dapet Sertifikat. Selama kursus dijelasin ttg pernikahan gitu deh.. Macem2, dari ttg mendidik anak, keuangan, cara menyelesaikan pertengkaran, sex, dll.
5. Setelah itu kita harus memperbaharui surat baptis. Nah ini juga lumayan ribet hahhaa.. Beruntung gw dulu di baptis cukup dekat tempatnya. Tapi pembaharuan surat baptis itu hanya berlaku 6bln. Jadi jng terlalu cepat ngurusnya. Tapi ga tll ribet s sbnernya, kita cuma dateng ke sekretariat Gereja waktu kita dibaptis, terus bawa surat baptis asli. Nanti sama petugasnya blg deh, mau pembaharuan surat baptis untuk menikah. Nanti akan diproses, gw s cuma nunggu 15mnt aja. Jadi deh..
6. Nah uda lengkap nh, kita isi form dari Gereja di tempat kita mau married. Terus melampirkan sertifikat kursus perkawinan, pembaharuan surat baptis, sama foto, dan bbrp dokumen lain (gw lupa s, semacam fotocopy ktp saksi, fotocopy surat menikah katolik saksi, dll). Terus kyknya bayar juga s formnya, tapi lupa berapa hehehe, kyknya ga mahal..
7. Nah abis itu bayar listrik-ac dan bunga gereja. Disini kita bisa tawar-menawar hehehe. Kalo untuk listrik-ac bicaranya sama romo paroki. Emang s diinfo standardnya kasi segini, kalo keberatan bisa minta dispensasi. Nah biasanya romo ya terserah aja, sesanggupnya kita. Kayaknya gw dulu sekitar 1,5jt byrnya. Terus utk bunga, ada tante2 yang ngedekor. Itu juga bisa nego, maunya kyk apa.. Dan hrs kompakan sama yg mo married pd hr sabtu-minggu tsb, krn kn ga mgkn gonta-ganti bunga. Nah bunga ini nanti diinfo, kalo mau yang standard brp, terus meriah berapa.. Dan itu kita patungan sama pengantin yang mau married di minggu tsb. Waktu itu gw ada 3 capeng, dan 2 capeng ga ada request bunga, jadi keputusan di gw.. Dari gw akhirnya ambil keputusan mau yg penting nuansa pink aja hehe, harga ya standard aja, gw tambahin dikit.. Lupa s berapa, kyknya 750rb deh nyumbangnya..
8. Semua uda diselesaikan, step terakhir adalah wawancara dengan romo paroki. Ini dijadwalkan bbrp mgu sblm kita married sama gereja. Sebenernya sih ini kyk formalitas doang s, romo menanyakan apa yang ada di form, terus dia tulis deh isinya, kyk questioner gitu. Selesai itu, ttd deh, beres. Kira2 cm memakan waktu ½ jam. Tapi datanglah lebih awal dari schedule hehe.
9. Kalo wah banget, atau lo masi gugup, bisa gladi resik biasanya 1 mgu sblm hari h. Dikasih gambaran nanti ngapain aja, duduknya gmn, dsb. Ini bisa dilakukan dengan romo yang mau memberkati atau dengan panitia2nya. Tapi sebenernya ga wajib s, gw dulu krn ditawarin aja sm lektornya, ya udah ga ada salahnya pikir gw..
10. O ya pada hari h yg perlu dipersiapkan sendiri : - Benda rohani -> ditaro di kotak seserahan, isinya cincin kawin sepasang, 2bh Rosario, 1bh Alkitab (klo bs yg kuning, special utk married, bedanya cm ada tulisan kpn tgl pemberkatannya hehehe), 1bh patung kel kudus (kyknya ga wajib klo ini), 2pcs lilin, 1pcs salib. - Utk persembahan -> 1 rangkaian buah & 1 pot tanaman hidup - Buku Pemberkatan -> bisa minta dari paroki draftnya, atau pinjem tmn yg uda pernah married, tinggal diedit2 sendiri sesuai keinginan (lagu, bacaan Alkitab, nama, dll). Terus di print, fotocopy deh.. Utk cover dpn gw fotocopy tapi pake kertas berwarna, uda deh minta abang fotocopy utk straplesin yang rapi hehehe..
11. Uda deh siap ke pelaminan hehehe.. Paling sisanya yang perlu dipersiapkan ya standard2 seperti : angpao utk Koor, Putra Altar biasanya 2 org (PA biasanya udh disiapkan dari gereja, tapi ada baiknya kamu tanya juga s), Romo, Lektor. Nah kalo orang yang dibutuhkan selain yang gw sebutkan td, butuh 4 org yg bw persembahan (dan hrs katolik) sama 1 orang yg ngucapin terima kasih ke tamu gtu, mewakili keluarga.
Ocee, segini dulu blog-nya. Next point 2 & 3 terpisah aja ya.. Soalnya bakal panjang banget kalo ditulis di dlm 1 blog hehee, semoga bermanfaat 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan tanggapan yang positif ya sahabatku