cerita motivasi

cerita motivasi

Rabu, 02 Desember 2015

Cara Mempersiapkan pernikahan dengan budget minim...

Halloooooo kembali lagi nh dlm blog gw, klo sblmnya gw cerita ttg “persiapan mental sblm menikah”, skrg gw mau bahas ttg MONEY hehehe.. Karena masa lalu gw dan suami yg kurang indah dengan pasangan sblmnya, jadilah tabungan kami diawali dengan angka nol. Dan yaa, kami cukup H2C utk mempersiapkan pernikahan ini.. Tapi kalo memang Tuhan sudah merestui, ada aja jalannya, dan bener kata orang, kalo rejeki orang mau nikah itu selalu ada aja  Diawali dengan kami nabung bareng, bikin 1 tabungan. Kami mempersiapkan pernikahan selama 10bln, dengan budget terbatas. Nah gimana sih caranya menikah dengan budget minim?



1. Jangan terlalu muluk untuk mewujudkan Wedding Dream Boleh dibilang, gw cuma punya mimpi nikah dengan nuansa pink. Ga pesta buat gw ga masalah, karena yang terpenting buat gw adalah sah dimata Tuhan. Nah tapi Tuhan kasih gw “lebih” hehehe.. Finally gw bisa pesta, di Jakarta pula. Awalnya memang rencana cuma mau pemberkatan, eh tapi request dari nyokap gw utk pesta, dengan alasan dulu kk gw married ga pesta, dan gw cuma 2 bersaudara.. Masa anak nyokap gw ga ada yg pesta.. Nah jadi gw pikir pesta aja di sby, karena budget otomatis disana lebih murah. Tapiii ternyata nyokap suami gw ga stuju, dia maunya biar sekalian aja di Jakarta. Wowwww ini artinya budget hrs di press abis2an, karena pst byk yg dtg di jkt, dan harganya jg jauh lebih mahal hehehe.. Waktu itu gw budget 100rb/pax utk biaya pesta, ehhh stlh hitung2 disini, jadi harus 50rb/pax (wow di jkt cari dimana??). Tapi ya itu, klo Tuhan ud merestui, ada aja jalannya. Tiba2 gw nemu tempat yang sesuai budget, puji Tuhan 
2. Buat Budget Berikut ini kira-kira budget yang perlu dipertimbangkan : - Cincin - Bridal - Venue - Barang2 Seserahan - Biaya untuk di Gereja (biaya kursus perkawinan, biaya bunga, listrik, dll) - Transportasi/Sewa Mobil - Tempat Menginap (utk kel suami dari Surabaya) - Angpao2 utk panitia Kira2 itu yang dibutuhkan, kamu bisa bikin rincian yang lebih detail. Jujur gw nikah cuma 50jt’an aja (married maret 2014). Apa aja yang didpt dari angka segitu? Baca di point selanjutnya ya..
3. Rincian Biaya Married Selama 10 bulan kami nabung, ada bulan2 tertentu, ketika uang sudah cukup banyak, gw cicil beli/bayar yang kira2 dibutuhkan. Jangan terlalu terburu2 utk memilih brg yg hrs dibeli. Coba browsing2, cari2 info sebanyak2nya. Tanya orang2 sekitar yang uda married, cari pertimbangan sana-sini, baru deh deal utk menentukan pilihan 
1. Bridal : Wawai Bride Yang pertama waktu itu gw deal adalah bridal. Itu setelah cukup lama coba cari sana-sini, gw menggunakan jasa mbah google, selain dia amat pintar, jasa ini juga gratis dan gw ga perlu cuti hehehe. Coba gunakan smartphone utk komunikasi dengan pemilik bridal (bbm/wa/email). Terus dateng ke pameran bridal, tapi jangan ke pameran yang gede2 seperti di Balai Samudra/JCC karena ud pst hrgnya mahal2, ditambah biaya masuknya jg lumayan hehehe.. Waktu itu gw cm sekali dtg ke pameran di Balai Samudra, tapi tetep kurang sreg, karena paket yg ditawarin standard dan lokasi bridal mereka cukup jauh. O ya utk memilih bridal, perlu dipertimbangkan lokasinya dengan gereja dan venue, karena repot bgt klo hrs bolak-balik touch up ke bridal yg jaraknya jauh. Terus besoknya gw coba dtg lgsg ke tempat bridal. Waktu itu s lumayan jauh sbnernya, di Taman Palem, tapi berhubung katanya bridal itu mau bikin cabang di klp gdg (yg notabene ga gitu jauh sama gereja & venue gw) jadi akhirnya gw datengin. Eh ternyata malahan ga deal di tempat ini, karenaaaa waktu itu ga sengaja juga mampir ke Wawai Bride. Karena lokasi 2 bridal ini berdekatan, cuma beda blok. Dan harga yang ditawarkan jauh lebih murah dan lengkap, tapi utk kualitas gown yg gw liat 11-12 lah.. Ditambah, si wawai ini mau dtg ke lokasi utk make up dan touch up pas hr h, jd finally gw ambillah bridal ini. Tapiii inget ya, jaman skrg byk penipuan, jadi gw saranin saat lo ud sreg, kasi tanda jadi aja.. Jangan terlalu gede juga, waktu itu gw kasi 1jt.. Nah ini nh yg gw dpt dr bridal itu : - 2 gown pengantin utk hr h + make up & re-touch hr h - 2 jas (lengkap celana, jas, kemeja, dasi) pengantin pria utk hr h + make up & re-touch hr h - 2 gown mama + make up utk hr h - 2 jas papa utk hr h - 1 handbouquet + 1 bunga saku utk pria - Foto prewed indoor (rekanan ke Frenlee Studio) -> make up, 2 gown, 2 jas, 1 pakaian adat, 1 album cd, 1 album foto, 2 kanvas - Mobil Pengantin New Camry (tidak ada batas waktu/kena charge tambahan) - Make up hr h datang ke Rumah - 4 gown penerima tamu + make up - Tambahan 1 gown penerima tamu - Wedding cake 3 tumpuk, dpt 2 cake asli (rekanan ke Sesil Wedding Cake) - Souvenir sumpit 200pcs - Video + Liputan hari h (rekanan lupa namanya hehehe) - Dipinjamkan tempat angpao - Menginap 2 malam di hotel grand whizz Kira2 itu deh yang gw dapet, total yg gw kluarin utk semua yg gw dpt itu Cuma 10jt aja.. Tapi memang perlu berhati2 bgt sm bridal murah seperti ini, karena kondisinya tidak selalu oke, jadi perlu kita yang lbh byk follow up. Dannnn baru aja th ini ada kbr, bridal ini kaburrr, coba aja browsing, byk beritanya, sampe masuk TV segala. Puji Tuhan, kejadiannya stlh lama segala urusan gw sm dia selesai. Sejujurnya s utk rekanan2 dia oke2 bgt, Cuma Bridalnya sendiri yg kurang oke. Terbukti waktu hari h ada bbrp miss : 1. Dateng terlambat ke rumah utk make up -> dng alesan ban kempes. Terus kaget jg waktu dtg, tukang make up nya Cuma 3org. Jadi keteteran dimana2, alhasil ada bbrp org panitia yg ga ke make up 2. Salah warna bunga handbouquet -> gw request warna pink muda-tua, eh datengnya merah. Owowowow 3. Ada 2 gown penerima tamu yang ketinggalan -> terpaksa pas pemberkatan di gereja, tmn gw 2org ga pake gown, dan terus disusulin bajunya dtg, tmn gw pakenya pas di resepsi. Itupun sebenernya bukan baju yang mereka fitting terakhir. 4. Kotak angpao ketinggalan -> jadilah gw di gereja pake container box (untung aja bawa karena itu utk taro benda2 rohani dan souvenir) terus yg di resepsi dipinjemin sama resto.
2. Tempat Resepsi : Aneka Sari Resto Kelapa Gading Setelah browsing2, dan seperti yang gw bahas di atas, klo budget gw Cuma 50rb/pax, akhirnya gw menemukan resto ini. Kenapa gw pilih resto? Karena kata nyokap gw, keuntungan dari resto adl : 1. Ga bayar sewa gedung -> biasanya free sampe 3-4 jam, sisanya kena charge tp bisa dinego supaya gratis hehehe. 2. Kalo makanan mendadak abis, bisa langsung dimasak lagi. 3. Rasa makanan cukup terjamin, karena itu image dari resto tsb. 4. Dekor + tempat pelaminan biasanya udah paten, jadi harganya lebih murah drpd gedung, mskpn kekurangannya pasti model dekornya tergolong standard. So, berbekal dari 3 alasan tsb, akhirnya gw cari2 resto. Dan memang gw cari yang daerah klp gdg, karena disitu cukup strategis. Gw browsing dan ketemu bbrp resto di klp gdg, tapi yang paling murah disini hehehe. Ada beberapa paket yang ditawarkan, harganya kurang lebih 50-70rb/pax waktu itu. Yaa masi masuk budgetlah. Utk sewa tempat pelaminan plus dekor 1jt, terus utk entertaint (singer, mc, pemusik) 2,5jt. So dengan yang mereka tawarkan, cocok sekali sama budget gw hehehe. Cuma kekurangannya ya tentu aja resto yang ga begitu gede, dekor standard, mc jg standard. Tapi buat gw s ga tll penting hal tsb, yg terpenting adl makanannya. Karena tamu yang hadir pst mengutamakan makan hehe, dan itu yang bakal diinget cukup lama oleh para tamu. O ya untuk menghemat, jangan terlalu banyak ambil gubukan dari dlm resto. Karena harganya cukup mahal hehe. Beli aja di luar, bisa saving banyak. Waktu itu menu gubukan yang gw ambil Cuma es puter, karena mikir agak repot kalo hrs beli diluar, es kn gampang cair. Lagipula harganya jg masi cukup oke. Gw tambah 2 gubukan lagi : siomay & macaroni skutel. Semua beli di luar dan orgnya suru anterin ke resto langsung. 2 gubukan itu gw ambil dr luar dng hrg @500rb utk 100pcs.
3. Tempat Menginap untuk Saudara di Luar Kota : Apartemen Gading Mediterania Sehubungan dapet tempat resepsi di klp gdg, jadi gw juga pikir untuk cari tempat nginep sodara2 suami gw di klp gdg. Kenapa pilihannya apartemen? Pertama, ud pst jauh lbh murah dari hotel. Kedua, lbh bergengsi juga kn? Masa gw sewa kost2an? Dan kalo apartemen bisa harian, 1 room bisa utk 4 orang (2 kamar @2 tempat tidur). Disamping itu, gw memanfaatkan apartemen untuk tempat make up hr h plus utk foto waktu temu pengantin.. Kan ceritanya suami jemput gw, padahal mah kamarnya sebelahan hehehe.. Lebih irit waktu dan biaya kn.. Dulu kalo ga slh sekitar 400rb/room/hr.
4. Cincin Kawin : Toko Mas Modern Jatinegara Kalo mau murah yaa beli perhiasannya di pasar hehe. Kebetulan ini juga toko langganan gw. Dan puji Tuhan juga, saat gw mau pesan harga emas turun hehehe..
5. Beli printilan di pasar : Buku Tamu, Spidol, Undangan - Buku tamu + spidol : beli di pasar jatinegara - Undangan : beli di pasar tebet (5rb/pcs hardcover)
6. Sepatu : Beli Online Untuk mempersingkat waktu, supaya ga keseringan cuti, apa yang bisa beli online yaa online aja.. Tapi tetep warning ya, beli online harus hati2 bgt.. Gw beli sepatu online, sempet keki karena ga sesuai pesanan. Untung aja waktu itu brgnya blm dikirim, jadi gw minta bbrp perombakan. Meskipun ya kdg2 beli online bisa lebih murah, tapi kdg ga jaminan dengan kualitasnya. Waktu itu harga sepatu sekitar 300rb’an, lumayan murah utk sepatu pengantin hehehe. Yang kedua gw sempet pesen undangan online, tapiiii ternyata gw ditipu. Begitu gw ud byr separo, orgnya susah dihubungi. Waktu itu gw ud transfer 1jt, uda cari orangnya ke tokonya, ternyata tutup. Untung waktunya masih lama, jadi gw beli di pasar tebet.
7. Cicil beli printilan : nyari yang diskonan Jangan terlalu terburu-buru untuk beli printilan, misal barang seserahan. Waktu itu gw beli nyicil, kalo liat ada yg oke dan diskon, gw beli hehehe.. Seserahan gw : 1. Dress merah, 1 set cd, 1 lipstick, 1 eye shadow (dress beli di matahari, CD beli di bazaar ktr, Lipstick & Eyeshadow beli di Oriflame) 2. Kemeja, Celana Jeans, 1 set cd (kemeja beli di Sogo, celana beli di matahari, cd beli di star dept) 3. Sepatu pink, kaos kaki pink (sepatu beli online, kaos kaki beli di star dept) 4. Sepatu vantofel, kaos kaki (beli di star dept) 5. Buah2an -> Jeruk, Apel, Buah Kaleng (beli di toko buah Total jadi langsung dibuatin parcelnya) 6. Makanan Kaleng -> Sarden, Kornet 7. Kaki Babi -> Nahhhhh ini yang paling manteb. Carinya susah banget, katanya sih di glodok byk, tapi gw males bgt ke sana karena jauh dan macet, juga ga worth it lah cm nyari kaki babi doang. Akhirnya stlh cari2 ketemunya di farmer market di MKG. Itupun bentuknya masi utuh fresh, bukan kalengan. Utk mempercantik, gw masukin dulu ke amplop coklat, dan gw kasi gambar2 babi sama tulisan pork. 8. Minuman Wine -> ini gw ganti sama red grape kalo ga salah namanya, rasanya lebih manis drpd wine hehehe.. Wine ini gw gunain utk acara wedding toast di resto. Terus tambahannya gw beli sirop merah. 9. Permen2 yang ada gambar orang married, belinya di glodok. Uda agak lama s belinya hehehe.. 10. Perhiasan waktu itu gw isinya gelang sama anting (beli di toko mas pasar, sekalian waktu bikin cincin kawin). 11. Uang angpao + Uang susu -> dlm 1 baki ada 2, dimana nanti uang susu buat nyokap gw semua. Kalo uang angpao gw Cuma buat syarat aja, duitnya juga buat gw lagi, kan biayanya ditanggung berdua hehehe.. 12. Lilin -> aslinya s lilin merah, tapi diganti sama lilin yang dibeli di toko buku rohani. Sekalian nanti utk benda rohani di gereja. O ya kalau mau hemat, cari pinjeman baki2 utk seserahan. Karena toh nantinya ga bakal dipake lagi.
8. Jangan pake EO, bentuk Panitia aja EO itu lumayan mahal, dan kalo dari yg gw liat, EO ga begitu membantu sebenernya. Coba cari temen/sodara yang bisa diandelin. Buat dulu draft round down acara hari h, terus ajak meeting aja mereka sambil makan siang. Nah di meeting itu jelasin aja round down acaranya. Waktu itu gw bagi 3 orang sbg PIC, dimana yg 1 ngurus acara di gereja, yang 1 ngurus acara di teapai, yg 1 ngurus acara di resepsi. Tapi 3 orang ini hrs tau full round down semua acara lo. Jadi mereka bisa saling bekerja sama. Terus jelasin sama 3 org ini tugasnya penerima tamu, bresmaid, dll. O ya, yang terpenting juga mslh mobil hehe. Waktu itu gw sewa 3 mobil, 1 utk kel gw, 1 utk kel suami, 1 utk panitia2. Buat draftnya yang rinci dan jelasin ke panitia, dan tentunya juga ke sopir sewaan mobil tsb. Gw waktu itu Cuma 2-3x meeting. Sisanya kita bicarakan by phone, bbm, email. Cukup puas juga s sama tmn2 yg helpfull banget waktu itu.
Kurang lebih itu s yang gw lakukan hehehe.. Semua itu balik lagi sih ke kitanya, pengennya seperti apa. Terus jangan terburu2 utk menentukan pilihan. Coba cari review dulu, Tanya sana-sini, dan berpikir yang jernih hehehe.. Beberapa hal yang keliatannya sepele tapi bisa saving uang : - Utk baju keluarga & panitia sewa, jangan beli apalagi beli bahan. Ongkos jahit bakal bikin besar pengeluaran. Kalo emang pengen beli, gw saranin beli yang bisa ngukur sekalian, itu jauh lebih murah, biasanya di mangga dua banyak, tapi jadinya lumayan lama, bisa sebulanan. - Gunakan atm yang bisa cash back (gw waktu itu pake danamon utk cicil bayar resto, dimana bisa cash back 50rb utk gesek 1jt dlm 1bln). Jadi gw tiap bln cicil byr resto 1jt, lumayan kn diskon 50rb dikali brp bln? Hehehe - Ga malu utk pinjem barang dari temen/sodara. Misalnya : baki seserahan, kotak cincin. - Utk di gereja : buku misa bikin sendiri, print lalu fotocopy. Supaya lebih bagus, cover depan fotocopy pake kertas berwarna. - Ga kebanyakan nambah ini-itu, seperti : tambah cetak foto prewed, tambah kanvas, dll. Inget aja, nanti semuanya itu bakal cm masuk ke lemari aja. Kanvas juga ngapain byk2, standardnya dpt 2. Masa di rmh mau pajang foto prewed dimn2 hehehe.. Oke guys, segitu dulu ceritanya. Nanti akan gw sambung lagi dengan apa aja yang harus dipersiapkan di pemberkatan gereja katolik.. Ditunggu aja ya.. Semoga bermanfaat sharing ini  kalo mau tanya2 bole ke email gw : there.susilo@gmail.com. Thank you, happy preparation wedding 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan tanggapan yang positif ya sahabatku