cerita motivasi

cerita motivasi

Jumat, 25 Desember 2015

CARA MENGURUS SURAT PINDAH DOMISILI ANTAR PROPINSI DARI SURABAYA KE JAKARTA

Hallooooo kembali lagi nih di blog gw hehehe.. Skrg gw mau info2 gimana sih cara ngurus surat pindah. Berhubung suami gw domisili dari Surabaya-Jatim, dan gw dari Jakarta maka beginilah caranya supaya KTP & KK kami dapat bersatu (ceileeee apaan she hahaha)..

1.       Yang pasti ngurus surat di Surabaya
·         Pertama pastinya minta surat pengantar dari rt & rw yang dibawa ke kelurahan.
Dokumen pendukung : fotocopy ktp & kk.
è Keribetan disini adl hrs perhatiin kpn pa rt n pa rw ada di rmh, alhasil gw sempet bolak-balik sampe 3x gara2 pa rw lg jln2 jiahhhh…

·         Next dari kelurahan akan keluar surat yang perlu di ttd & cap di kecamatan.
è Nah kelurahan disini ribetnya perlu salam tempel hahaha, karena petugasnya lambreta plus pa lurah ga jelas kpn adanya hehehe.. Tapi kalo pake salam tempel semua bisa cepat wkwkwk.. Jadilah gw disini nunggu 2 jam aja..

·         Terus suratnya dibawa ke dukcapil, disini KK asli akan ditahan sama dukcapil.
Dukcapil akan keluarin surat2 bbrp lembar (1 bendel), kita harus fotocopy 3 bendel
Terus kita dikasih 1 yang copy-nya doang, aslinya dikirim sama dukcapil ke kecamatan
Nah kita dikasih tanda terima dari dukcapil, untuk ambil surat aslinya ke kecamatan (nunggu sekitar 3 hari)
è Nah keribetan disini parkir mobilnya di lt5, kantornya di lt3, lift mati. So harus jln kaki. Di sana cepet s nunggu prosesnya paling 30 menit, tapi abis itu disuruh fotocopy kn 3 bendel, dimana tempat fotocopynya di lt 1, dan hrs balik lg ke lt 3. Semua tanpa lift, olahraga bingit kn hehehe..

·         Stlh itu kita ke kantor kepolisian untuk minta surat keterangan kelakuan baik, untuk pindah domisili.
Dokumen pendukung : fotocopy akte lahir 1 lbr & foto berwarna uk 4x6 3lbr background warna merah.
Disini kita suruh isi form, terus diproses deh surat ket kelakuan baik sama polisi, jadi deh..
è Sebenernya sih disini cepet, masalahnya harus memperhitungkan kalo bagian yg ngurus ini jam 3 sore uda tutup.. So waktu tu gw ampe mohon2 gitu deh, dan seperti biasa salam tempel pun harus berlaku disini hehehe..

·         Oke finish, tinggal nunggu 3 hari aja tu di kecamatan. Waktu itu gw minta kknya suami utk ambilin lalu dikirim paket kilat khusus ke Jakarta. Sampailah tu surat2 di Jakarta,, so lanjutlah ngurusin semuanya ini di Jakarta.

2.       Ngurus surat di Jakarta
·         Minta surat pengantar dari pa rt, terus surat tsb minta di-ttd & cap di rw.
Dokumen pendukung : fotocopy 1 bendel surat pindahan yg dr Surabaya & fotocopy surat ket kepolisian.

·         Next ke kelurahan
Dokumen pendukung :
-          1 bendel surat pindahan asli dr Surabaya
-          Surat ket kepolisian yang asli
-          KTP asli (ktp suami gw) + fotocopy ktp nya
-          Fotocopy surat nikah
-          Fotocopy KTP gw sbg penanggung
-          Fotocopy KK rumah gw
Dari kelurahan nanti suru isi form yang hrs di-ttd & cap sama lurah terus dibawa ke kecamatan.
è Disini s proses cuma bbrp menit kalo dokumen pendukung lo ud lengkap, kalo belom lengkap yaaa gigit jari ya, suru dilengkapin terus balik lagi ke kelurahan.

·         Next ke kelurahan
Dokumen pendukung :
-          Form yang td uda di ttd & cap sama lurah
-          Semua dokumen pendukung yg td dibawa ke kelurahan (dokumen itu ga ditahan kelurahan, cuma dicek aja sama org kelurahan, ud lengkap/blm)
è Disini s prosesnya cepet, tapi cuma dikasi tanda terima doang hahaha.. Harus tunggu 2 minggu baru balik lagi.. Gw pikir bakal bikin apa gitu 2 mgu, eh taunya cm dicap sama ttd pa camat doang.. Sesuatu bingittttt

·         Nah dokumen2 semua yg dibalikin sama kecamatan itu dibawa kembali ke kelurahan.. Yaaa kembali lagi ke kelurahan, cape yee mondar-mandir.. Di kelurahan ngeluarin form isinya data2 utk pembuatan ktp.. Terus kita harus cek lagi, kalo uda bener ttd deh.. Dan form itu dibawa ke walikota..

·         Okey di walikota kirain bisa langsung diproses,, ternyataaaaa oh ternyata, dikasi tanda terima lagi yang bisa diambil sekitar 10 hari lagi wkwkwkwk..

·         Oke kembalilah gw ke sana 10 hari kemudian, dannn eng ing eng, di walikota rame boneng kyk buruh2 yg suka pada demo di DPR gitu hehehe.. Karena emang waktu itu kondisinya gw ke sana uda jam 11.30, uda siang. Crowded disana ga jelas, petugasnya juga keder, teriak2 ngumumin ktp mana aja yang uda jadi. Akhirnya dengan gondok gw pulang ajalah..

·         Besoknya gw dateng ke sono jam 08.00 hahahhaa, yapp langsung bisa dilayani.. Dan akhirnya jadilah ktp gw.. Kira2 lama waktu proses semuanya itu sekitar 1,5 bln wkwkwkwk mantap ya.. Plus mondar-mandir sana-sini & makan ati hahaha.. Itu juga baru ktp ya sodara2, belom ngurus masukin suami ke KK gw (rencana numpang aja di KK nyokap gw).. Kata pa rt nanti aja ngurusnya nunggu gw lahiran, jadi sekalian bisa bikin akte lahir. Yappp jadi perjuangan belum berakhir hihihi.. Nanti kalo uda urus gw ceritain lagi.. Okey sampai disini, semoga bermanfaat J

Untuk DKI Jakarta gw akuin bebas dr pungli, cuma ketidakjelasan banyak sekali terjadi. Mulai dari ga jelas apa aja yang dibutuhkan, dokumen apa, kemana, berapa lama, dsb. Mulai dari pa rt, pa rw, petugas kelurahan, petugas kecamatan, sampe walikota pun cenderung ga bisa jelasin yang detail dan lengkap. Mereka hanya tau kerjaan sebatas jabatan aja..

Contohnya gini :
1.       Pa rt ga tau tu dokumen apa aja yg dibutuhin utk pindahan
2.       Pa rw sama aja 11-12 hehehe
3.       Petugas kelurahan cuma tau dokumen yg masuk n keluar sebatas di kelurahan aja, mereka ga tau nanti di kecamatan bakal ngapain n brp lama
4.       Begitupun dengan petugas kecamatan & petugas walikota
So dengan ketidak jelasan itu membuat kita jadi mondar-mandir mayan lama n ribet. Hehehehe.. Ditambah gw ga ngerti kenapa dokumen2 itu kdg2 harus ditahan bbrp hari or bbrp minggu, pdhl kalo diliat tu terkesan ga diapa2in or cm dicap & ttd aja (yg hrsnya bisa dilakukan bbrp detik aja ya) hehehe

3 komentar:

  1. Makasih infonya,,emang kalo diceritain cuma 1 page....liat waktunya sih cuma 1,5bln....tapi ngejalaninnya pasti pusing banget hadeeehhh

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Saya terima beres bayar 1.5 jt Surat pindah doank Dr Surabaya, tau deh ngurus surat pindah datang dikota tujuan 😅😌

    BalasHapus

Berikan tanggapan yang positif ya sahabatku